Minggu, 04 Desember 2011

WEBSITE DAN KOMPUTASI

PENGERTIAN WEBSITE DAN KOMPUTASI


A. WEBSITE ATAU SITUS

Website atau situs juga dapat diartikan sebagai kumpulan halaman yang menampilkan informasi data teks, data gambar diam atau gerak, data animasi, suara, video dan atau gabungan dari semuanya, baik yang bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu rangkaian bangunan yang saling terkait dimana masing-masing dihubungkan dengan jaringan-jaringan halaman (hyperlink). Bersifat statis apabila isi informasi website tetap, jarang berubah, dan isi informasinya searah hanya dari pemilik website. Bersifat dinamis apabila isi informasi website selalu berubah-ubah, dan isi informasinya interaktif dua arah berasal dari pemilik serta pengguna website. Contoh website statis adalah berisi profil perusahaan, sedangkan website dinamis adalah seperti Friendster, Facebook, Twitter, Multiply, dll. Dalam sisi pengembangannya, website statis hanya bisa diupdate oleh pemiliknya saja, sedangkan website dinamis bisa diupdate oleh pengguna maupun pemilik.

WWW ( World Wide Web) adalah layanan internet yang paling banyak dikenal orang dan paling cepat perkembangan teknologinya. Layanan ini menggunakan link hypertext yang disebut hyperlink untuk merujuk dan mengambil halaman-halaman web dari server. Halaman web dapat berisi suara, gambar, animasi, text, dan program perangkat lunak yang menyusunnya menjadi dokumen yang dinamis. Pengguna dapat melihat World Wide Web dari sebuah browser yaitu program yang dapat menampilkan HTML (skrip halaman web).

Unsur - Unsur dalam Penyediaan Website atau Situs :

Untuk menyediakan sebuah website, maka kita harus menyediakan unsur-unsur penunjangnya, seperti halnya:

v Nama domain (Domain name/URL - Uniform Resource Locator)

Nama domain atau biasa disebut dengan Domain Name atau URL adalah alamat unik di dunia internet yang digunakan untuk mengidentifikasi sebuah website, atau dengan kata lain domain name adalah alamat yang digunakan untuk menemukan sebuah website pada dunia internet. Contoh : http://www.nama situs .com.

Nama domain diperjualbelikan secara bebas di internet dengan status sewa tahunan. Setelah Nama Domain itu terbeli di salah satu penyedia jasa pendaftaran, maka pengguna disediakan sebuah kontrol panel untuk administrasinya. Jika pengguna lupa/tidak memperpanjang masa sewanya, maka nama domain itu akan di lepas lagi ketersediaannya untuk umum. Nama domain sendiri mempunyai identifikasi ekstensi/akhiran sesuai dengan kepentingan dan lokasi keberadaan website tersebut.

B. KOMPUTASI

Komputasi sebetulnya bisa diartikan sebagai cara untuk menemukan pemecahan masalah dari data input dengan menggunakan suatu algoritma. Hal ini ialah apa yang disebut dengan teori komputasi, suatu sub-bidang dari ilmu komputer dan matematika. Selama ribuan tahun, perhitungan dan komputasi umumnya dilakukan dengan menggunakan pena dan kertas, atau kapur dan batu tulis, atau dikerjakan secara mental, kadang-kadang dengan bantuan suatu tabel. Namun sekarang, kebanyakan komputasi telah dilakukan dengan menggunakan komputer.

Secara umum Ilmu komputasi adalah bidang ilmu yang mempunyai perhatian pada penyusunan model matematika dan teknik penyelesaian numerik serta penggunaan komputer untuk menganalisis dan memecahkan masalah-masalah ilmu (sains). Dalam penggunaan praktis, biasanya berupa penerapan simulasi komputer atau berbagai bentuk komputasi lainnya untuk menyelesaikan masalah-masalah dalam berbagai bidang keilmuan, tetapi dalam perkembangannya digunakan juga untuk menemukan prinsip-prinsip baru yang mendasar dalam ilmu.

PENERAPAN WEB SEBAGAI KOMPUTASI

Dari awal kemunculannya, Web telah mengalami banyak perkembangan. Dan Web merupakan sarana yang canggih dalam melakukan sesuatu pekerjaan, memasukkan data, menyimpan data, mencari sesuatu, berkirim email, mencari berita, berkoneksi, atau hanya sekedar share, yang semua itu dilakukan menjadi lebih cepat, efektif, dan efisien. Web sekarang mengalami perkembangan yang cepat, pembenahan, atau perbaikan untuk memudahkan pemakai.

Sehingga banyak muncullah mesin komputasi berbasis Web, diantaranya adalah Google, Wolfram alpha, WebOS, IE, Firefox, CloudOS, JoliOS, Android ( mobile ), dan lain sebagainya, yang semuanya menawarkan keterhubungan, konektifitas, dan kemudahan. Bahkan melahirkan layanan – layanan populer seperti jejaring sosial : friendster, facebook, dll. Layanan popular lainnya adalah blogging : twitter, wordpress, blogspot, dll. Dan saat ini didekonstruksi dengan presentasi baru, pendekatan baru ( lebih terbuka, personal, dan tagging yang luas ).

KESIMPULAN

Dari awal perkembangan teknologi, terutama teknologi informasi telah mengalami kemajuan yang pesat di bidang komputasi berbasis web saat ini, dan akan tetap mengalami perkembangan lagi. Ini menunjukkan kecenderungan masyarakat akan minat informasi sangat besar, untuk mengetahui perkembangan terkini, menyampaikan informasi atau komunikasi, serta memudahkan dalam pekerjaan.

Meskipun demikian perkembangan teknologi informasi tetap memiliki dampak negatif dan dampak positif, yang semua itu harus digunakan dengan bijaksana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar