ANALISA SWOT
Analisis perubahan yang
terjadi di pasar, para key players, leadership, harga dan biaya, atau kompetisi
yang terjadi dalam rencana kegiatan/bisnis.
Analisis harus mempunyai
gambaran yan jelas mengenai potensi dan peluang.
Analisis kondisi,
meliputi :
·
Trend (kecenderungan): dapat dilihat dari segi sosial, teknologi, ekonomi,
hukum dan lingkungan.
·
Market need(kebutuhan pasar)
·
Competitor Analysis(Analisis pesaing)
·
Sustainable Competitive Advantage(keunggulan persaing)
Analisa
Kecenderungan/Environmental Scanning:
·
Apa yang berubah dalam lngkungan sekitar?
·
Bagaimana perubahan ini berdampak pada rencana kegiatan/bisnis?
·
Bisa dilihat dari aspek:
o
Politik/legalitas : resiko politis, regulasi/deregulasi
o
Teknologi : teknologi baru di bidang2 terkait
o
Sosial : nilai budaya, populasi dunia, usia penduduk
o
Ekonomi : pertumbuhan ekonomi
o
Lingkungan : SDA
Analisa Kebutuhan Pasar
·
Menggambarkan secara jelas kebutuhan pasar akan produk/jasa yang ditawarkan
·
Menggambarkan ‘market niche’ dari produk/jasa yang ditawarkan
Peluang dan Potensi Pasar
Potensi Pasar:
Seberapa banyak
produk/nilai barang yang dibutuhkan pasar:
- Jumlah penduduk
- Pendapatan
- Daerah/negara
Sesuatu yang lebih baik
dibandingkan dengan ‘produk’ yang telah ada:
- Harga lebih murah
- Kulaitas lebih baik
- Produk baru
- Delivery lebih cepat
- Dsb.
Competitor Analysis:
·
Berapa pesaing yang ada?
·
Apa keuatan dan kelemahan mereka?
·
Apa yang mendorong kompetisi?
·
Apa yang menjadi andalan mereka?
Analisa keunggulan
Bersaing:
Elemen-elemen keunggulan
bersaing:
- Potensi keunggulan bersaing: keahlian, teknologi, sumber daya, dll.
- Posisi keunggulan bersaing: kapan, dimana, dan bagaimana kita bersaing
- Kinerja yang dihasilkan: kepuasan, loyalitas, market share, keuntungan
SWOT Analysis
Mengelompokkan faktor-faktor
yang berpengaruh terhadap terhadap bisnis menjadi:
- Faktor Internal : Strength and Weaknes(kekuatan dan kelemahan)
- Faktor External : Opportunities and Threats(peluang dan tantangan)
1.
Strength
·
Mengidentifikasi kemampuan yang dimiliki untuk dapat mencapai tujuan
·
Mengidentifikasi kompetisi spesial(yang tidak dimiliki oleh para pesaing)
·
Mempertahankan keunggulan bersaing(terjadi jika pesaing tidak dapat meniru
kompetensi spesial)
2.
Weakness
·
Mengidentifikasi kemampuan yang belum/tidak dimliki untuk mencapai tujuan
·
Mengidentifikasi kompetensi spesial para pesaing
·
Cara menetralisir kekurangan: mengoreksi, meminimalisisr atau menghindari
3.
Opportunities
·
Mengungkapkan faktor peluang yang timbul di lingkungan external
·
Jika peluang terlewatkan, maka besar kemungkinan para pesaing akan
memanfaatkannya
4.
Threats
·
Kondisi yang ada di luar yang dapat mempengaruhi usaha
·
Tantangan dapat dinetralisir dengan dengan manajemen yang baik atau
dihindari
·
Jika tantangan yang ada sangat kuat mungkin perlu reorientasi kegiatan/usaha
Tidak ada komentar:
Posting Komentar