Minggu, 16 Februari 2014

ANALISA SWOT



ANALISA SWOT

Analisis perubahan yang terjadi di pasar, para key players, leadership, harga dan biaya, atau kompetisi yang terjadi dalam rencana kegiatan/bisnis.
Analisis harus mempunyai gambaran yan jelas mengenai potensi dan peluang.

Analisis kondisi, meliputi :
·         Trend (kecenderungan): dapat dilihat dari segi sosial, teknologi, ekonomi, hukum dan lingkungan.
·         Market need(kebutuhan pasar)
·         Competitor Analysis(Analisis pesaing)
·         Sustainable Competitive Advantage(keunggulan persaing)

Analisa Kecenderungan/Environmental Scanning:
·         Apa yang berubah dalam lngkungan sekitar?
·         Bagaimana perubahan ini berdampak pada rencana kegiatan/bisnis?
·         Bisa dilihat dari aspek:
o   Politik/legalitas : resiko politis, regulasi/deregulasi
o   Teknologi : teknologi baru di bidang2 terkait
o   Sosial : nilai budaya, populasi dunia, usia penduduk
o   Ekonomi : pertumbuhan ekonomi
o   Lingkungan : SDA

Analisa Kebutuhan Pasar
·         Menggambarkan secara jelas kebutuhan pasar akan produk/jasa yang ditawarkan
·         Menggambarkan ‘market niche’ dari produk/jasa yang ditawarkan

Peluang dan Potensi Pasar
Potensi Pasar:
Seberapa banyak produk/nilai barang yang dibutuhkan pasar:
  • Jumlah penduduk
  • Pendapatan
  • Daerah/negara
Sesuatu yang lebih baik dibandingkan dengan ‘produk’ yang telah ada:
  • Harga lebih murah
  • Kulaitas lebih baik
  • Produk baru
  • Delivery lebih cepat
  • Dsb.

Competitor Analysis:
·         Berapa pesaing yang ada?
·         Apa keuatan dan kelemahan mereka?
·         Apa yang mendorong kompetisi?
·         Apa yang menjadi andalan mereka?

Analisa keunggulan Bersaing:
Elemen-elemen keunggulan bersaing:
  • Potensi keunggulan bersaing: keahlian, teknologi, sumber daya, dll.
  • Posisi keunggulan bersaing: kapan, dimana, dan bagaimana kita bersaing
  • Kinerja yang dihasilkan: kepuasan, loyalitas, market share, keuntungan


SWOT Analysis
Mengelompokkan faktor-faktor yang berpengaruh terhadap terhadap bisnis menjadi:
  • Faktor Internal : Strength and Weaknes(kekuatan dan kelemahan)
  • Faktor External : Opportunities and Threats(peluang dan tantangan)

1.      Strength
·         Mengidentifikasi kemampuan yang dimiliki untuk dapat mencapai tujuan
·         Mengidentifikasi kompetisi spesial(yang tidak dimiliki oleh para pesaing)
·         Mempertahankan keunggulan bersaing(terjadi jika pesaing tidak dapat meniru kompetensi spesial)
2.      Weakness
·         Mengidentifikasi kemampuan yang belum/tidak dimliki untuk mencapai tujuan
·         Mengidentifikasi kompetensi spesial para pesaing
·         Cara menetralisir kekurangan: mengoreksi, meminimalisisr atau menghindari
3.      Opportunities
·         Mengungkapkan faktor peluang yang timbul di lingkungan external
·         Jika peluang terlewatkan, maka besar kemungkinan para pesaing akan memanfaatkannya
4.      Threats
·         Kondisi yang ada di luar yang dapat mempengaruhi usaha
·         Tantangan dapat dinetralisir dengan dengan manajemen yang baik atau dihindari
·         Jika tantangan yang ada sangat kuat mungkin perlu reorientasi kegiatan/usaha

Tidak ada komentar:

Posting Komentar