Minggu, 16 Februari 2014

JARINGAN NIRKABEL OUTDOOR PENGGUNAAN TELEPON SELULER DAN SATELIT



JARINGAN NIRKABEL OUTDOOR
PENGGUNAAN TELEPON SELULER DAN SATELIT




1.     Pendahuluan

Operasi nirkabel memungkinkan layanan, seperti komunikasi jarak jauh, yang tidak mungkin atau tidak praktis untuk menerapkan dengan menggunakan kabel. Istilah ini umum digunakan dalam industri telekomunikasi untuk mengacu pada sistem telekomunikasi (misalnya pemancar radio dan penerima, remote kontrol, jaringan komputer, terminal jaringan, dan lain-lain) yang menggunakan beberapa bentuk energi (misalnya frekuensi radio (RF), energi akustik, dll) untuk mentransfer informasi tanpa menggunakan kabel. Informasi ditransfer dengan cara ini lebih baik jarak pendek dan panjang.
Jaringan nirkabel (yaitu berbagai jenis tanpa izin 2,4 GHz perangkat WiFi) digunakan untuk memenuhi kebutuhan banyak. Mungkin penggunaan paling umum adalah untuk menghubungkan pengguna laptop yang melakukan perjalanan dari lokasi ke lokasi. Penggunaan lain yang umum adalah untuk jaringan mobile yang terhubung melalui satelit. Sebuah metode transmisi nirkabel adalah pilihan yang logis untuk jaringan segmen LAN yang sering harus mengubah lokasi. Situasi berikut membenarkan penggunaan teknologi nirkabel:
·         Untuk rentang jarak di luar kemampuan kabel yang khas,
·         Untuk menyediakan link komunikasi cadangan jika terjadi kegagalan jaringan normal,
·         Untuk menghubungkan workstation portabel atau sementara,
·         Untuk mengatasi situasi di mana kabel normal adalah sulit atau finansial tidak praktis, atau
·         Untuk jarak jauh menghubungkan pengguna ponsel atau jaringan.
The "nirkabel" istilah tidak harus bingung dengan istilah "tanpa kabel", yang umumnya digunakan untuk merujuk kepada perangkat listrik atau elektronik bertenaga yang mampu beroperasi dari sumber listrik portabel (misalnya baterai) tanpa kabel atau kabel untuk membatasi mobilitas perangkat nirkabel melalui sambungan ke catu daya listrik. Beberapa perangkat nirkabel, seperti telepon tanpa kabel, nirkabel juga dalam arti bahwa informasi ditransfer dari telepon tanpa kabel ke unit dasar telepon yang melalui beberapa jenis nirkabel link komunikasi . Hal ini menyebabkan beberapa perbedaan dalam penggunaan istilah "tanpa kabel", misalnya di Digital Enhanced Cordless Telecommunications.
Komunikasi nirkabel dapat melalui:
·         Radio frekuensi komunikasi
·         Microwave komunikasi, misalnya jarak line-of-sight melalui antena sangat terarah, atau jarak pendek komunikasi,
·         inframerah (IR) komunikasi jarak pendek, misalnya dari komsumen IR perangkat seperti remote kontrol atau melalui Inframerah Data Asosiasi (IrDA)
Aplikasi mungkin melibatkan point-to-point komunikasi , point-to-multipoint komunikasi , penyiaran , jaringan selular dan jaringan nirkabel. Salah satu contoh paling terkenal dari teknologi nirkabel adalah ponsel, juga dikenal sebagai telepon selular, dengan lebih dari 4,6 miliar langganan bergerak seluler di seluruh dunia pada akhir 2010. Ponsel nirkabel ini menggunakan gelombang radio untuk memungkinkan mereka pengguna untuk melakukan panggilan telepon dari banyak lokasi di seluruh dunia. Mereka dapat digunakan dalam jangkauan situs telepon selular digunakan untuk peralatan rumah yang dibutuhkan untuk mengirim dan menerima sinyal radio dari instrumen ini.
Selular layanan data menawarkan jangkauan dalam jarak 10-15 mil dari terdekat situs sel. Kecepatan telah meningkat sebagai teknologi telah berkembang, dari teknologi sebelumnya seperti GSM, CDMA dan GPRS, untuk 3G jaringan seperti W-CDMA, EDGE atau CDMA 2000.
Handphone Satelit Komunikasi dapat digunakan dimana koneksi nirkabel lainnya tidak tersedia, seperti di daerah pedesaan sebagian besar atau lokasi terpencil. Satelit komunikasi sangat penting untuk transportasi, penerbangan, maritime dan militer.
2.     Perumusan Masalah
Komunikasi yang selalu terjadi di dalam kehidupan manusia semakin berkembang dari waktu ke waktu. Perkembangan teknologi juga begitu berperan dalam perkembangan komunikasi tersebut. Pada zaman sekarang yang sering disebut era telekomunikasi, peranan teknologi sangat dibutuhkan agar komunikasi dapat berlangsung secara efektif dan efisien.
Telekomunikasi adalah sebuah proses penyampaian pesan dari satu orang ke orang lainnya yang terkendala oleh jarak dan waktu. Teknologi yang diperlukan dalam telekomunikasi adalah telepon, radio, telepon seluler, fax, dan satelit. Dari beberapa alat komunikasi tersebut, tentu kita semua pernah menggunakannya. Namun, ada satu alat yang eksistensinya benar-benar patut diacungi jempol. Alat tersebut adalah telepon seluler atau yang lebih sering kita sebut handphone (HP).
Handphone adalah perkembangan telepon yang lebih modern. Bila dibandingkan dengan telepon, maka handphone bisa dikatakan lebih unggul dan praktis untuk digunakan. Telepon yang dipakai di rumah membutuhkan kabel agar dapat dipakai. Sedangkan handphone, tidak membutuhkan kabel lagi untuk berkomunikasi dan mudah dibawa kemanapun kita pergi. Handphone pun dibedakan menjadi dua macam, yaitu telepon seluler dan telepon satelit. Meskipun mungkin sama bentuk dan penggunaanya tetapi berbeda sistem dan terdapat perbedaan penggunaan serta jangkauan.
3.     Pembahasan
Perkembangan teknologi dewasa ini memang sudah tidak bisa dihindari lagi, setelah penemuan cara kerja telepon pertama yang bernama Sound Telegraph oleh Natonia Meucci pada tahun 1871 hingga pengembangan telepon menggunakan sistem wireless yang pertama kali digunakan pada tahun 1915 yang bisa digunakan sebagai media komunikasi antar negara yang berimbas pada perubahan gaya hidup kita akibat perkembangan teknologi yang semakin hari semakin tidak terbendung lagi. Dan mencapai puncak ketika ditemukannya sebuah telepon genggam yang meminimalisasikan alat komunikasi kita kedalam sebuah benda yang memiliki ukuran yang tergolong fleksibel.
Penggunaan handphone sudah berlangsung sejak tahun 1973 meskipun masih dalahm tahap percobaan. Pada masa tersebut, handphone pertama yang muncul adalah merk Motorola. Handphone Motorola ini ditemukan oleh seorang pria bernama Martin Cooper yang berkediaman di New York. Nenek moyang dari handphone ini meluncurkan seri pertamanya pada tahun 1983.
Handphone pada awal kemunculannya masih berbentuk besar. Beratnya bahkan hampir mencapai 500 gram. Pada masa ini, kemampuan dari handphone masih bersifat terbatas oleh jarak tertentu. Ada jangkauan yang menjadi area berfungsinya handphone, jika melewati jangkauan maka secara otomatis tidak dapat digunakan untuk berkomunikasi.
Layanan dari handphone yang memungkinkan kita untuk berkomunikasi ada 2, yaitu telepon dan SMS. Dengan menggunakan layanan telepon, kita dapat berbicara langsung dengan orang yang kita mau kapan pun dan di mana pun. Sama seperti telepon yang digunakan di rumah, layanan telepon cara yang paling praktis untuk berkomunikasi. Selain itu, dengan telepon kita juga dapat langsung terhubung dengan orang yang dimaksud tanpa perlu menunggu lama. Sedangkan layanan SMS, kependekan dari Short Message Service, adalah layanan untuk mengirim pesan singkat dari satu orang ke orang lainnya. Beberapa orang yang menggunakan SMS, biasanya menganggap pesan yang ingin disampaikan tidak terlalu mendesak dan hanya berupa informasi singkat.
Pada perkembangannya saat ini, fitur-fitur dari handphone menjadi semakin beragam. Untuk handphone standar, fitur yang paling dibutuhkan adalah untuk melakukan panggilan dan mengirimkan SMS. Namun di masa sekarang, hal tersebut dirasa terlalu sederhana. Dikarenakan teknologi yang semakin berkembang, hampir seluruh handphone masa kini dilengkapi dengan kamera untuk mengabadikan setiap momen dalam bentuk foto maupun video.

3.1. Telepon Seluler

Salah satu contoh paling terkenal dari teknologi nirkabel adalah ponsel, juga dikenal sebagai telepon selular, dengan lebih dari 4,6 miliar langganan seluler di seluruh dunia pada akhir 2010. Ponsel nirkabel ini menggunakan gelombang radio untuk memungkinkan pengguna untuk melakukan panggilan telepon dari banyak lokasi di seluruh dunia. Ponsel dapat digunakan dalam jangkauan situs telepon selular. Telepon seluler digunakan untuk rumah dengan peralatan rumah yang dibutuhkan untuk mengirim dan menerima sinyal radio dari instrumen ini.
            Cara Kerja Telepon Seluler
Ketika berhubungan dengan jaringan nirkabel, sekumpulan teknologi tersebut memungkinkan penggunanya untuk melakukan panggilan atau bertukar data dengan telepon lain atau dengan komputer.
Jaringan nirkabel beroperasi dalam sebuah jaringan yang membagi kota atau wilayah kedalam sel-sel yang lebih kecil. Satu sel mencakup beberapa blok kota atau sampai 250 mil persegi. Setiap sel menggunakan sekumpulan frekuensi radio atau saluran-saluran untuk memberikan layanan di area spesifik. Kekuatan radio ini harus dikontrol untuk membatasi jangkauan sinyal geografis. Oleh Karena itu, frekuensi yang sama dapat digunakan kembali di sel terdekat. Maka banyak orang dapat melakukan percakapan secara simultan dalam sel yang berbeda di seluruh kota atau wilayah, meskipun mereka berada dalam satu saluran.
Dalam setiap sel, terdapat stasiun dasar yang berisi antena nirkabel dan perlengkapan radio lain. Antena nirkabel dalam setiap sel akan menghbungkan penelepon ke jaringan telepon lokal, internet, ataupun jaringan nirkabel lain. Antena nirkabel mentransimiskan sinyal. Ketika ponsel dinyalakan, telepon akan mencari sinyal untuk mengkonfirmasi bahwa layanan telah tersedia. Kemudian telepon akan mentransmisikan nomor identifikasi tertentu, sehingga jaringan dapat melakukan verifikasi informasi konsumen- seperti penyedia layanan nirkabel, dan nomor telepon.

·         Panggilan dari Ponsel ke telepon rumah

Ketika melakukan panggilan dari ponsel ke telepon rumah biasa, panggilan tersebut akan berjalan-jalan di melalui antena nirkabel terdekat dan akan diubah oleh penghantar nirkabel' ke sistem telepon landline tradisional. Panggilan tersebut kemudian akan langsung diarahkan ke jaringan telepon tradisional dan ke orang yang menjadi tujuan panggilan.

·         Panggilan dari Ponsel ke Ponsel

Ketika melakukan panggilan ini, panggilan akan dirutekan melalui jaringan landline kepada pengantar nirkabel penerima atau akan dirutekan dalam jaringan nirkabel ke tempat sel terdekat dengan orang yang menjadi tujuan panggilan. Pada saat berbicara di ponsel, maka telepon genggam akan menangkap suara dan mengubah suara menjadi energi frekuensi radio (gelombang radio). gelombang radio akan berjalan melalui udara hingga menemukan penerima di stasiun dasar terdekat. Stasiun dasar kemudian akan mengirimkan panggilan tersebut melalui jaringan nirkabel hingga sampai pada orang yang menjadi tujuan telepon.

·         Panggilan jarak jauh

Ketika melakukan panggilan terhadap seseorang yang berada sangat jauh, panggilan akan dirutekan pada pusat pertukaran jarah jauh, yang menyambungkan panggilan antar negara atau seluruh dunia melaui kabel fiber optic.
Jika pada telepon saat ini menggunakan media sinyal atau Base Transcevier Station atau BTS yang terletak di darat, maka ada salah satu alat komunikasi yang menempatkan BTS-nya di udara. Jika telepon genggam mampu melakukan panggilan ke negara lain, maka telepon satu ini mampu melakukan panggilan menuju ke laut lepas yang notabene tidak terjangkau sama sekali oleh adanya sinyal yang dipancarkan oleh BTS.
Cara kerja telepon seperti itu hanya bisa kita dapatkan dengan menggunakan telepon satelit. Telepon satelit sendiri adalah merupakan suatu layanan telekomunikasi berupa telepon tanpa kabel yang menempatkan BTS pada udara sehingga memiliki jangkauan yang lebih luas jika dibandingkan dengan telepon yang berjalan pada jalur GSM yang menempatkan BTS-nya di darat.
3.2. Telepon Satelit
Penggunaan telepon satelit ini sangat berguna bagi kita yang berada pada sebuah daerah pedalaman, pegunungan hingga laut lepas untuk kepentingan pengeboran minyak. Berikut akan dijelaskan cara kerja dari telepon satelit untuk melakukan panggilan menggunakan BTS yang berada di udara yang notabene tidak menggunakan infrastruktur yang ada di bumi.
Jenis Telepon Satelit
Sebelum mengetahui bagaimana cara kerja dari telepon satelit ini, ada baiknya mengetahui jenis-jenis telepon satelit yang dibagi menjadi dua, yang diantaranya:
·         Telepon Satelit Genggam
Telepon satelit ini merupakan telepon satelit yang memiliki jangkauan yang lebih luas dan harus tetap berada pada luar ruangan. Biasanya jenis telepon ini digunakan oleh petualang, pertolongan darurat dan daerah bencana
·         Telepon Satelit Menetap 
Telepon satu ini berbeda dengan telepon satelit sebelumnya. Telepon ini dapat digunakan di dalam rumah karena memang terpasang pada dalam rumah yang antena dari telepon ini telah terpasang di luar rumah.
Cara Kerja Dari Telepon Satelit
Cara kerja dari telepon satelit ini pada dasarnya sama dengan cara kerja dari telepon genggam dalam melakukan panggilan, namun perbedaannya terletak pada sinyal panggilannya, jika telepon genggam memancarkan sinyal panggilannya kepada sinyal pemancar lalu mengarah ke telepon tujuan, sedangkan pada telepon satelit harus mengirimkan sinyalnya menuju luar angkasa yang nantinya sinyal tersebut akan ditangkap oleh satelit yang nantinya satelit akan mengirimkan sinyalnya kembali menuju antena telepon satelit di bumi. Maka dari itu antena untuk telepon satelit tidak boleh terhalang oleh apapun.
·         Melakukan Panggilan
Untuk melakukan panggilan menggunakan telepon satelit sama seperti melakukan panggilan pada telepon genggam biasanya, pengguna tinggal memasukkan nomor telepon tujuan lalu tekan tombol call, yang nantinya telepon satelit akan menemukan satelit yang paling dekat dengan telepon asal, lalu mengirim informasi tersebut.
·         Mengirimkan Sinyal dari Luar Angkasa ke Bumi
Satelit yang menerima informasi panggilan akan mengirimkan panggilan kepada mesin penerima panggilan yang berada di bumi yang paling dekat menggunakan sebuah Gateway. 
Gateway ini mencoba untuk meneruskan panggilan. Jika pengiriman informasi panggilan tadi gagal, gateway akan mengirimkan sinyal itu kembali ke satelit terdekat yang akan melanjutkan panggilan hingga mencapai salah satu gateway yang mampu melacak penerima. Hal ini tidak hanya terjadi sekali, namun bisa berkali-kali tergantung seberapa jauh lokasi penerima panggilan ini.
·         Proses Terakhir
Proses terakhir dari panggilan internet ini adalah gateway yang berhasil menerima sinyal panggilan dari satelit tadi akan mengubah format panggilan agar bisa diterima oleh telepon seluler. Jika koneksi dari pengubah format ini belum terbentuk, maka panggilan dari pemanggil kepada penerima tidak akan bisa terlaksana.


  







  


















Daftar Pustaka



http://wikipedia.org/wiki/nirkabel, Diunduh Pada  Tanggal 15 Oktober 2012
http://wikipedia.org/wiki/telepon-genggam, Diunduh Pada Tanggal 15 Oktober 2012
http://www.paseban.com/, Diunduh Pada Tanggal 20 Oktober 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar